Blog personal berbagi informasi menarik

SUBUH ADALAH WAKTU MANDI TERBAIK


Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa mandi membawa manfaat yang banyak untuk manusia, terutama dalam hal kesehatan. Ternyata untuk mendapatkan manfaat terbaik dari mandi ada beberapa waktu yang dianjurkan.

Namun, mandi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan bila dilaksanakan pada waktu yang tidak tepat. Mari kita simak waktu terbaik dan terburuk untuk mandi.

Disarankan mandi di waktu subuh atau sebelum subuh. Ketika kita bangun jam 4 pagi atau subuh, itu adalah waktu yang sangat baik untuk mandi.

Karena pada saat itu kondisi air mengandung ozon yang lebih tinggi daripada biasanya, sehingga dengan kandungan ozon yang tinggi tersebut bermanfaat banyak untuk kesehatan tubuh, lalu membuat tubuh menjadi lebih segar nantinya. Manfaat lainnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu kita agar menjadi awet muda.

Dari sisi medis, Dr. Abdul Hamid Dayyat, dari Universitas Kairo Mesir menjelaskan tentang manfaat kesehatan yang bisa didapatkan seseorang dari aktivitas bangun (setengah jam) sebelum waktu Subuh, kemudian dilanjutkan dengan mandi pada waktu itu. Pada waktu fajar (shubuh) kandungan gas O3 sangat melimpah, dan setelah itu gas O3 tadi akan berkurang sedikit demi sedikit hingga habis saat matahari terbenam pada sore hari. Gas O3 memberikan manfaat positif pada urat syaraf, dapat mengaktifkan kinerja otak dan menjaga kesehatan tulang. Pada saat kita menghirup udara fajar,kita akan merasakan kenikmatan dan kesegaran yang tiada tar. Setelah itu akan lebih baik dan sehat lagi jika mandi sebelum waktu dimulainya adzan shubuh.

Lebih jauh, Mandi shubuh menurut dr. Midi Hariyani, SpKK spesialis kulit dan kelamin dari klinik nusantara kuningan menyatakan bahwa Mandi subuh dapat membangunkan tubuh yang terlelap di mana pada saat itu metabolisme tubuh sedang melambat. Dengan kita mandi maka Suhu tubuh akan meningkat terus mencapai kestabilan, Jantung menjadi terpacu untuk bangun, adrenalin meningkat, pembuluh darah menjadi lebih lancar untuk bergerak, alhasil aliran darah di dalam tubuh menjadi sangat baik, termasuk aliran ke kulit. Sehingga sangat bermanfaat dalam membuat kulit kita tampak lebih fresh atau segar.

Kemudian, Mandi shubuh menurut Dr. dr. Aru W. Sudoyo, MD dokter spesialis penyakit dalam dari FK UI dan RS Medistra. Mandi pagi secara medis dapat memicu rangsangan pada sistem peredaran darah serta membuat syaraf menjadi lebih aktif. Hal ini dikarenakan adanya reaksi tubuh terhadap rangsangan suhu dingin secara singkat. Sepanjang seseorang tidak sakit, mandi subuh atau sebelum subuh akan memberikan efek positif karena tubuh nantinya ‘dicambuk’ oleh temperature rendah.


Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Labels

Recent Posts