Blog personal berbagi informasi menarik

Hati - hati terhadap dampak buruk game





Ketika seseorang bermain game sebenarnya permainan tersebut memberikan banyak sekali manfaat bagi penggunanya. Namun sayangnya, saat ini banyak orang yang telah menjadi pecandu berat permainan tersebut hingga terkesan banyak penyalahgunaan bahkan tindak kriminal banyak terjadi karena Games tadi. Sudah seharusnya orang tua untuk bijak dalam menyikapi anak – anak yang gemar bermain Games.

Sebagai bahan pertimbangan untuk para orang tua dalam memberikan kesempatan anak – anak bermain Games. Berikut beberapa dampak negatif game yang dimainkan tidak sesuai dengan porsinya:



Kesehatan menurun



Tidak mengherankan anak-anak zaman sekarang memiliki daya tahan tubuh yang lemah akibat kurangnya aktivitas fisik sudah pasti hal ini dikarenakan bermain Games secara berlebihan, duduk terlalu lama, sering terlambat makan, sering terpapar pancaran radiasi dari layar monitor komputer dan sebagainya. Penyakit-penyakit yang muncul pada mereka yang mengalami kecanduan memainkan Games ini, diantaranya: serangan jantung, stroke, mata minus, obesitas, paru-paru, dislokasi jari-jari tangan, penyakit saraf, ambeien dan penyakit di sekitar tulang punggung.



Gangguan mental



Beberapa adegan di game online memang ada yang menampilkan tindakan kriminal serta kekerasan, seperti: perkelahian, pengrusakan, pemerkosaan, pembunuhan, dan sebagainya, yang secara tidak langsung telah memengaruhi alam bawah sadar seseorang bahwa kehidupan seperti di dalam Games ini adalah sama seperti di dalam kehidupan nyata kita sehari - hari. Beberapa kasus kekerasan yang pernah diberitakan oleh media massa, yang melibatkan anak-anak dan remaja sebagai pelakunya adalah bukti nyata bahwa game online dapat merusak perkembangan mental seseorang. Ciri-ciri seseorang mengalami gangguan mental akibat pengaruh game online adalah: mudah marah, emosional, mudah mengucapkan kata-kata kotor, memaki, mencuri, dan sebagainya.



Menghambat proses pendewasaan diri



Permainan online yang dilakukan tanpa kenal waktu dan tanpa kenal lelah juga dapat memengaruhi proses pendewasaan diri seseorang. Seseorang yang telah terpengaruh, biasanya akan ditandai dengan sikap: pemalu, minder, kurang percaya diri, manja dan bersifat kekanak-kanakan.



Dapat mempengaruhi prestasi belajar anak



Prestasi hanya bisa dicapai melalui kerja keras yang sungguh – sungguh. Prestasi anak bisa saja menurun karena waktu luang yang seharusnya sangat ideal untuk digunakan mempelajari mata pelajaran sekolah justru lebih sering digunakan untuk menyelesaikan level demi level dalam permainan tersebut, daya konsentrasi mereka umumnya juga terganggu sehingga kemampuan dalam menyerap mata pelajaran yang disampaikan oleh guru menjadi tidak maksimal. Pada orang dewasa, game online dapat mempengaruhi produktivitas kita di tempat kerja, sehingga bila tidak segera disesuaikan, maka tidak mungkin saja nantinya akan pemecatan.



Kesulitan bersosialisasi dengan orang lain



Mereka yang telah terbiasa hidup dalam dunia maya, umumnya akan mengalami kesulitan ketika harus bersosialisasi di dunia nyata. Bersikap anti sosial, tidak memiliki keinginan untuk berbaur dengan masyarakat, keluarga, dan juga teman adalah ciri-ciri yang ditunjukkan oleh mereka yang telah mengalami ketergantungan terhadap permainan.

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Labels

Recent Posts