Blog personal berbagi informasi menarik

Bunga Indah Namun Mematikan



Dengan kecantikannya, bunga menisbatkan dirinya sebagai simbol cinta sejak lama. Bahkan bunga bisa menunjukkan rasa di berbagai keadaan, entah itu bahagia, haru, bahkan sedih atau berduka. Namun dibalik keindahannya juga bisa membunuh orang seketika. Tidak semua bunga boleh dipetik dan dijadikan hadiah untuk orang lain. Karena beberapa diantaranya diketahui memiliki racun mematikan. Berikut ini 7 bunga cantik paling mematikan.





Lily Of The Valley

Lily of The Valley terlihat sangat cantik dan tidak membahayakan namun jangan sampai tertipu oleh rupa cantiknya. Bunga ini sangatlah beracun dan mematikan, bunga ini sangat mungil dan mirip onceng terbalik. Walau dikenal sebagai bunga yang melambangkan cinta suci, kesetiaan, dan ketulusan. Bunga putih ini memiliki racun yang sangat berbahaya.

Bunga cantik ini mengandung racun glikosida untuk melindungi diri dari serangan hewan yang memakan bijinya. Sebagai gambaran, racun yang terkandung di lily of the valley dapat merusak system peredaran darah dan pencernaan. Dosis kecil dapat mengakibatkan muntah, diare, mual dan sakit perut. Sedangkan dalam dosis besar, racun di dalam lily of the valley bisa mengakibatkan kematian.




Milkweeds

Warnanya ungu nan cantik namun milkweeds mengandung racun yang dapat mengakibatkan kematian. Bunga ini kecil dan getahnya mengandung alkaloid dan kardenoloid, sejenis senyawa basah yang sering digunakan sebagai obat. Tentu saja penggunaan getah ini tidak boleh sembarangan tanpa pantauan ahli. Karena jika di tangan orang yang salah, justru bisa menjadi racun. Bunga milkweeds memiliki racun sebagai pola pertahanan terhadap serangan ulat dan hewan hewan perusak buah. Jika seseorang tidak sengaja memasukkan racun milkweeds ke dalam tubuhnya maka kemungkinan yang akan terjadi adalah dermatitis tringer atau gangguan kulit hingga dapat mengakibatkan kematian.

Dahulu orang amerika selatan dan afrika memanfaatkan getah bunga ini untuk dipoleskan ke ujung panah mereka sebagai racun dalam memanah hewan buruan. Jika mengkonsumsi Milkweeds 10 persen dari berat badan, Milkweeds dapat mengakibatkan kematian kepada hewan. Tak hanya bunga saja, seluruh bagian dari tanaman ini beracun. Adapun manfaat dari bunga ini adalah dapat menghasilkan bau yang harum di kebun kita dan akan mengalahkan harum bunga bunga lain.



Ranuculus

Sekilas bunga cantik ini mirip mawar, Namun ranuculus tidak satu Ordo dengan mawar. Ranuculus memiliki berbagai variasi warna mulai dari merah, orange, kuning hingga putih. Karena kecantikannya ranuculus sering digunakan sebagai bunga hias. Namun penggunaannya harus dalam pengawasan yang ketat. Karena bunga ini mengandung racun mematikan untuk manusia dan hewan. Dibalik kecantikannya, ranuculus ternyata memiliki racun yang berbahaya. Jika ada hewan atau manusia yang berani memakan bunga ini maka akan terjadi gejala kerusakan pencernaan akibat racunnya. Diare disertai darah, liur berlebih, sakit perut parah dan rusaknya selaput lendir dalam sistem pencernaan adalah gejala keracunan bunga ranuculus. Dalam beberapa kasus, kematian menjadi efek buruk dari kecantikan bunga ini.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Labels

Recent Posts